Desain Pemodelan Grafik terdiri dari 3 kata yaitu desain, pemodelan,
dan grafik.
-
Desain
Desain atau yang sering disebut sebagai seni terapan, atau
arsitektur. Desain memiliki arti yaitu proses membuat dan menciptakan obyek
baru dalam bentuk sebuah rencana atau obyek nyata. Pengertian desain secara
umum yaitu suatu pemikiran baru yang fundamental seni dengan tidak hanya
menitik-beratkan pada nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri
secara massa, yang memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya
digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa,
dll.
-
Pemodelan
Pemodelan diambil dari kata model yang artinya rencana,
representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep,
yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa
model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra
komputer), atau rumusan matematis. Dalam hal ini model dirujukkan pada
representasi objek seperti : model benda (representasi fisik suatu objek),
model berskala (replika atau purwarupa suatu objek), model 3D (representasi
tiga dimensi suatu objek), model manusia (representasi dari manusia yang dapat
ditiru oleh manusia lainnya).
-
Grafik
Grafik berasal dari kata grafika yang artinya segala cara
pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang
diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak.
Contohnya adalah : foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi,
angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain.
Prinsip dan unsur desain
Unsur dalam grafis sama seperti unsur dasar dalama disiplin
desain lainnya, unsur unsur tersebut ( termasuk shape, bentuk (form), tekstur,
garis, ruang , dan warna) membentuk prinsip –prinsip dasar desain visual.
Prinsip-prinsip tersebut, dan kesatuan(unity) kemudian membentuk aspek
struktural komposisi yang lebih luas
Peralatan desain grafis
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Daftar Software Desain Grafis Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
-
Desktop publishing
-
Adobe Photoshop
-
Adobe Illustrator
-
Adobe Indesign
-
Page Maker
-
Coreldraw
-
GIMP
-
Inkscape
-
Adobe Freehand
-
Adobe image ready
-
Coreldraw
-
Webdesign
-
Macromedia Dreamweaver
-
Microsoft Frontpage
-
Notepad
-
Adobe Photoshop
-
Audiovisual
-
Adobe After Effect
-
Adobe Premier
-
Final Cut
-
Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
-
Ulead Video Studio
-
Magic Movie Edit Pro
-
Power Director
-
Rendering 3 Dimensi
-
3D studiomax
-
Maya
-
Autocad
-
Google sketchup
SUMBER
Http://galiharamadhan.blogspot.com/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html
0 komentar:
Posting Komentar